Visi Misi SMAN 2 Padang Panjang

Visi : Terwujudnya Siswa yang Unggul Imtaq, Iptek dan Berkarakter

Indikator Pencapaian Visi :

  • Beribadah, bersikap dan bertindak sesuai dengan tuntunan agama yang dianutnya
  • Mampu bersaing dan berprestasi dibidang akademik dan non akademik
  • Memiliki karakter yang baik disetiap waktu dan kesempatan
  • Meningkatnya kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan
  • Memiliki jejaring kerjasama nasional dan internasional
  • Handal dalam pelayanan, pengelolaan dan pembiayaan
  • Memiliki sarana prasarana pendidikan yang lengkap sesuai dengan perkembangan IPTEK

Misi : Mewujudkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta berbudi pekerti dan berakhlak yang baik.

Indikator Pencapaian Visi :

  • Menyelenggarakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.
  • Mendorong dan membantu siswa untuk mengenali potensi dirinya agar dapat berbudi pekerti luhur.
  • Mewujudkan pencapaian peningkatan standar kompetensi lulusan yang berkualitas:
  • Melaksanakan bedah AKM di sekolah dalam lokakarya.
  • Melaksanakan proses pembelajaran dan pengembangan soal berbasis AKM
  • Penyelenggaraan TO berbasis AKM dan UTBK
  • Memperdalam dan memperluas cakupan materi pelajaran.
  • Menyelenggarakan remedial dan pengayaan
  • Mewujudkan peningkatan pengembangan Standar Isi kurikulum yang sesuai dengan tuntutan dan tantangan masa depan.
  • Mewujudkan pengembangan Standar Isi kurikulum tingkat satuan pendidikan yang sesuai dengan tuntutan perkembangan pembelajaran abad 21 melalui workshop dan MGMP.
  • Mewujudkan pengkajian Standar Isi dalam menghadapi pembelajaran abad 21.
  • Mengefektifkan penggunaan kalender pendidikan
  • Mewujudkan pengkajian silabus dalam menghadapi pembelajaran abad 21.
  • Memetakan kompetensi dasar dan indikator-indikator kompetensi yang sesuai dengan Kompetensi Inti pada setiap mata pelajaran.
  • Menyusun RPP yang sesuai dengan tutuntan kurikulum yang berlaku.
  • Mendokumentasikan perangkat pembelajaran.
  • Mewujudkan peningkatan prestasi non-akademik ditingkat regional dan nasional
  • Menyusun program kegiatan ekstrakurikuler yang sistematis dan efektif.
  • Menyelenggarakan dan menggiatkan kegiatan ekstrakurikuler yang efektif dan efisien serta berkualitas.
  • Mengikutsertakan nara sumber atau pelatih dari luar yang berkualitas dalam bidangnya.
  • Mengikutsertakan peserta didik dalam berbagai perlombaan yang berkualitas.
  • Mengevaluasi pelaksanaan program peningkatan prestasi non akademik dan tindak lanjut.
  • Mewujudkan proses pembelajaran yang diselenggarakan secara aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
  • Menyelenggarakan workshop dan pelatihan pengembangan RPP untuk peningkatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB)
  • Mengaktifkan MGMP.
  • Mengembangkan RPP yang menggunakan 4 C, Literasi, PPK dan HOTS dan pendekatan Scientific dan soal berbasis AKM
  • Melaksanakan supervisi kepada setiap tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
  • Menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung PAKEM.
  • Mewujudkan pencapaian kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan yang sesuai dengan tuntutan dan perkembangan pendidikan nasional.
  • Mengikutsertakan tenaga pendidik dalam workshop dan pelatihan kurikulum dalam menghadapi abad 21
  • Mengikutsertakan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan pada setiap workshop atau pelatihan terkait dengan ICT, manajemen sekolah, dsb.
  • Menyediakan jaringan internet (hotspot) gratis bagi warga sekolah untuk mengakses informasi pembelajaran demi peningkatan pendidikan di sekolah.
  • Menfasilitasikan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan pendidikan di jenjang S1 dan S2.
  • Menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang relevan, mutakhir dan berwawasan ke masa depan.
  • Menyediakan mesjid yang menampung sebagian besar warga sekolah untuk beribadah
  • Menyediakan laboratorium komputer yang mutakhir.
  • Menyediakan laboratorium multimedia yang representatif.
  • Menyediakan layanan internet gratis bagi warga sekolah.
  • Menyediakan perpustakaan digital.
  • Melengkapi buku-buku referensi yang sesuai dengan tuntutan kurikulum.
  • Melengkapi sarana dan media pembelajaran yang dibutuhkan guru mata pelajaran.
  • Melengkapi alat dan bahan labor IPA
  • Mewujudkan pengembangan standar pengelolaan pendidikan yang mengacu manajemen berbasis sekolah (MBS).
  • Mengadakan pelatihan penilaian hasil pembelajaran berbasis IT.
  • Melaksanakan penilaian berbasis IT.
  • Mengembangkan penilaian berdasarkan kurikulum yang berlaku
  • Mengembangkan perangkat penilaian kurikulum yang berlaku.
  • Melaksanakan Ulangan Harian dan Ulangan Tengah Semester yang terprogram.
  • Melaksanakan Ulangan Akhir Semester dan Ulangan Kenaikan Kelas yang efektif dan efisien.
  • Melaksanakan Ujian Sekolah secara sistematis.
  • Melaksanakan evaluasi dan tindak lanjut tentang hasil penilaian yang telah dilaksanakan.
  • Mewujudkan dokumen penilaian yang tertib dan lengkap.
  • Pendokumentasian hasil penilaian pendidikan secara online.
  • Menumbuhkembangkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa sebagai sumber kearifan warga sekolah dalam berprilaku dan bertindak baik disekolah, keluarga maupun masyarakat